PENGARUH PEMBELAJARAN SENI MENGGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI PADA ANAK USIA DINI
THE EFFECT OF DRAWING LEARNING ON INCREASED CONCENTRATION IN EARLY CHILDHOOD
Keywords:
Artistic, drawing, concentrationAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah fondasi penting dalam perkembangan anak, mengasah potensi mereka melalui berbagai kegiatan bermanfaat. Aktivitas seni, khususnya menggambar, memainkan peran krusial dalam pengembangan kognitif dan konsentrasi anak. Artikel ini mengkaji hubungan antara seni menggambar dan peningkatan konsentrasi pada anak usia dini. Melalui pendekatan kualitatif berbasis penelitian pustaka, berbagai teori psikologis seperti Teori Multiple Intelligences, Teori Kognitif Piaget, dan Teori Flow Csikszentmihalyi dijelaskan untuk memahami mekanisme di balik fenomena ini. Temuan menunjukkan bahwa menggambar tidak hanya merangsang kreativitas tetapi juga meningkatkan fokus dan perhatian anak melalui stimulasi sensorik-motorik, keterlibatan emosional, dan struktur proses kreatif. Pendidik dan orang tua dapat memanfaatkan seni menggambar sebagai alat efektif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan pengembangan kognitif anak.References
Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. Harper & Row.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Jakad Media Publishing.
Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502, 7239.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nuraini, A. (2016). Pengaruh Aktivitas Menggambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45-57.
Pamadhi, H. (2008). Ruang lingkup seni rupa anak. Universitas Terbuka. Jakarta.
Pertiwi, D. M., & Mayar, F. (2020). Pengaruh Kegiatan Menggamba Bebas Teknik Graffito Terhadap Seni Rupa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 39–44.
Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. International Universities Press.
Primawati, Y. (2023). Pengembangan kreativitas seni rupa anak usia dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1-10.
Rahmawati, F. (2017). Efektivitas Seni Menggambar dalam Mengurangi Distraksi pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 5(2), 67-78.
Santoso, B., & Dewi, L. (2019). Peran Proses Kreatif dalam Menggambar terhadap Kemampuan Fokus Anak. Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1), 23-34.
Sari, M. (2018). Stimulasi Sensorik-Motorik melalui Aktivitas Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 6(2), 78-89.
Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui model bermain “asyik” (reward & yel-yel “Asyik”) di tk mutiara cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2065-2072.
Sueca, I. N. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Nilacakra.
Werdiningtiyas, R. K., & Rahayunita, C. I. (2017). Analisis pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Gadingkembar 2 Kecamatan Jabung Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(1), 64–68.
Wijaya, T. (2020). Pengaruh Kegiatan Menggambar terhadap Kesabaran dan Ketekunan Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 91-102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JOURNAL FASCHO : JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.