PERKEMBANGAN SENI ANAK MELALUI GERAK DAN TARI

PERKEMBANGAN SENI ANAK MELALUI GERAK DAN TARI

Authors

  • Siti Rohmatun Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Shofiyatun Najib Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Keywords:

Perkembangan seni anak, gerak dan tari.

Abstract

Perkembangan seni pada anak melalui gerak dan tari adalah aspek penting dalam pendidikan dan pertumbuhan mereka. Gerak dan tari tidak hanya membantu anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif tetapi juga memainkan peran kunci dalam perkembangan fisik, kognitif, dan emosional mereka. Melalui aktivitas tari, anak-anak dapat meningkatkan koordinasi motorik, keseimbangan, dan kesadaran tubuh. Selain itu, tari dapat merangsang kemampuan berpikir kritis, memori, dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam konteks sosial, kegiatan tari memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-teman sebaya, yang dapat memperkuat keterampilan sosial dan empati mereka. Penelitian menunjukkan bahwa integrasi gerak dan tari dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan keseluruhan anak. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk mendorong dan mendukung partisipasi anak dalam aktivitas seni, khususnya gerak dan tari, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan anak

Author Biographies

Siti Rohmatun, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Perkembangan seni pada anak melalui gerak dan tari adalah aspek penting dalam pendidikan dan pertumbuhan mereka. Gerak dan tari tidak hanya membantu anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif tetapi juga memainkan peran kunci dalam perkembangan fisik, kognitif, dan emosional mereka. Melalui aktivitas tari, anak-anak dapat meningkatkan koordinasi motorik, keseimbangan, dan kesadaran tubuh. Selain itu, tari dapat merangsang kemampuan berpikir kritis, memori, dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam konteks sosial, kegiatan tari memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-teman sebaya, yang dapat memperkuat keterampilan sosial dan empati mereka. Penelitian menunjukkan bahwa integrasi gerak dan tari dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan keseluruhan anak. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk mendorong dan mendukung partisipasi anak dalam aktivitas seni, khususnya gerak dan tari, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan anak

Shofiyatun Najib, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Perkembangan seni pada anak melalui gerak dan tari adalah aspek penting dalam pendidikan dan pertumbuhan mereka. Gerak dan tari tidak hanya membantu anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif tetapi juga memainkan peran kunci dalam perkembangan fisik, kognitif, dan emosional mereka. Melalui aktivitas tari, anak-anak dapat meningkatkan koordinasi motorik, keseimbangan, dan kesadaran tubuh. Selain itu, tari dapat merangsang kemampuan berpikir kritis, memori, dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam konteks sosial, kegiatan tari memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-teman sebaya, yang dapat memperkuat keterampilan sosial dan empati mereka. Penelitian menunjukkan bahwa integrasi gerak dan tari dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan keseluruhan anak. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk mendorong dan mendukung partisipasi anak dalam aktivitas seni, khususnya gerak dan tari, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan anak

References

Widhianawati, Nana. 2011. Pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Nomor 2 Universitas Pendidikan Indonesia

Kalida dan Mursyid. 2015. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Mutiah, Diana, 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Helmawati. (2015). Mengenal Dan Memahami Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali pers.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

sanggar tari gandes pamantes. 7 manfaat menari untuk sang buah hati. https://www.gandespamantes.org/7-manfaat-menari-untuk-sang-buah-hati/

ayocerdas. Com. (2023). january 7. manfaat seni tari untuk anak usia dini. ayo cerdas Indonesia. https://ayocerdas.com/manfaat-seni-tari-untuk-anak-usia-dini/

catatan tanpa kertas. (2021). mei 25. peran orang tua dalam mengembangkan aspek seni pada anak usia dini. https://yd.blog.um.ac.id/peran-orang-tua-dalam-pengembangan-aspek-seni-pada-anak-usia-dini/

Kompasiana beyond blogging. (2024). April 20. peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan seni anak. https://www.kompasiana.com/elisaenjely6373/66224da11470935b0f51df02/peran-orang-tua-dalam-mengembangkan-kecerdasan-seni-anak

Kompasiana beyond blogging. (2023). mei 21. peran guru di sekolah dalam mengembangkan seni pada anak usia dini. https://www.kompasiana.com/zhafiranabila2403/646a30ec08a8b54571312462/peran-guru-di-sekolah-dalam-pengembangan-seni-pada-anak-usia-dini?page=1&page_images=1

Azizah, A. N. I., Dewi, A. A., Mutawakkil, A., Rahmadhani, A., Rantisi, A. A., Rosydah, A. N., ... & Khasanah, Y. (2024). PENGEMBANGAN SENI TARI ANAK USIA DINI. Penerbit Tahta Media.

Ayunita, S., Lubis, H. Z., Hakim, N., & Sa’adah, N. (2024). Pengembangan Seni Tari Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Bunda Kasih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 20815-20819.

Henny, H. (2022). Nilai-Nilai Tarian Mangaru pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67-77.

Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96-106.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Rohmatun, S. ., & Najib, S. (2025). PERKEMBANGAN SENI ANAK MELALUI GERAK DAN TARI: PERKEMBANGAN SENI ANAK MELALUI GERAK DAN TARI. JOURNAL FASCHO : JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(7), 8–15. Retrieved from https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Fascho/article/view/386