SOFT POWER PENDIDIKAN ISLAM PADA KARAKTER SUSANTI DALAM FILM UPIN DAN IPIN

SOFT POWER OF ISLAMIC EDUCATION IN SUSANTI'S CHARACTER IN THE MOVIE UPIN AND IPIN

Authors

  • Hidayatu Munawaroh Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Robingun Suyud El Syam Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Asep Sunarko Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Agus Sriyanto STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO

DOI:

https://doi.org/10.63353/journalfascho.v1i7.391

Keywords:

Soft Power, Pendidikan Islam, Upin dan Ipin

Abstract

Artikel bertujuan mengeksplorasi soft power pendidikan Islam pada karakter Susanti dalam film Upin dan Ipin, dimana peneliti sebelumnya belum membahasnya. Setting penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dipilih guna mendeskripsikan masalah menjadi temuan dari naskah dan tulisan terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa karakter Susanti sejatinya merupakan soft power bagi Indonesia pada film kartun Upin & Ipin, melalui bahasa, pengisi suara, dan perilaku religiusnya. Pada serial Upin Ipin episode Ramadhan, Susanti menjadi satu-satunya santri putri yang belajar mengaji di musholla Kampung Durian Runtuh yang diasuh oleh Ustaz Hamzah. Fakta ini menguatkan dominasi karakter Susanti yang religious, mengungguli—atas yang lain. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokusnya pada soff power pendidikan Islam yang ditampilkan karakter Susanti pada film animasi Upin & Ipin bagi masyarakat Indonesia.

Author Biography

Asep Sunarko, Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

Artikel bertujuan mengeksplorasi soft power pendidikan Islam pada karakter Susanti dalam film Upin dan Ipin, dimana peneliti sebelumnya belum membahasnya. Setting penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dipilih guna mendeskripsikan masalah menjadi temuan dari naskah dan tulisan terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa karakter Susanti sejatinya merupakan soft power bagi Indonesia pada film kartun Upin & Ipin, melalui bahasa, pengisi suara, dan perilaku religiusnya. Pada serial Upin Ipin episode Ramadhan, Susanti menjadi satu-satunya santri putri yang belajar mengaji di musholla Kampung Durian Runtuh yang diasuh oleh Ustaz Hamzah. Fakta ini menguatkan dominasi karakter Susanti yang religious, mengungguli—atas yang lain. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokusnya pada soff power pendidikan Islam yang ditampilkan karakter Susanti pada film animasi Upin & Ipin bagi masyarakat Indonesia.

References

Abdullah, S. A. Y., Siren, N. H., & Mansor, N. H. (2023). Ocean Awareness Campaign for Environmental Well-Being in the Upin and Ipin Animated Series Season 11: Explore The Ocean. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(3), 274–291. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2023-3903-15

Adinda Larasati, V., Cucun Sunaengih, & Aah Ahmad Syahid. (2023). Pemberian Pendidikan Karakter Dengan Relevansi Pedagogi Dalam Film Animasi Upin Ipin. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1403–1415. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.5871

Ahmad Fadzil, J., & Dalal, S. (2020). Re-inscribing Budi in Contemporary 3D Malaysian Animation Characters in Geng; The Adventure Begins (2009) and BoBoiBoy: The Movie (2016). Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(2), 87–95. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i2.368

Amalia, F., Rahayu, H. M., & Qurbaniah, M. (2023). Misconception Analysis of the Upin and Ipin Movie in Biology Learning on Viruses, Ecosystems, and Environmental Pollution Material. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2). https://doi.org/10.20961/bioedukasi.v16i2.64538

Atikurrahman, M., Indriyani, J. G., & Adzhani, S. A. (2022). Pluralism in the Time of Postcolonialism: Cultural Diversity of Malay-Indonesian Archipelago in Upin-Ipin and Adit-Sopo-Jarwo. NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching, 13(1), 18–34. https://doi.org/10.15642/nobel.2022.13.1.18-34

Behera, B. K. (2021). Smart Power of India’s Space Programme in Asean Region. International Journal of Social Science and Economic Research, 06(03), 894–912. https://doi.org/10.46609/ijsser.2021.v06i03.011

Bieniek, K., & Erler Bayır, Ö. (2022). Public Diplomacy and Soft Power in Polish Foreign Policy Making. Siyasal: Journal of Political Sciences, 31, 61–68. https://doi.org/10.26650/siyasal.2022.31.1028128

Cai, Z. (2024). The Emotional Impact of Animation on Its Audience. Communications in Humanities Research, 52(1), 18–26. https://doi.org/10.54254/2753-7064/2024.17873

Cambridge University. (2025). Definition in the Cambridge English Dictionary. Cambridge University Press & Assessment. https://dictionary.cambridge.org/us/dictionary/english/

CNN Indonesia. (2022, June 30). Susanti, Pembawa Pesan dari Tim Upin & Ipin untuk Indonesia. CNN Indonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220629235815-220-815282/

CNN Indonesia. (2024, July 3). Upin & Ipin Populer di Indonesia, Bisakah Makin Eratkan RI-Malaysia? CNN Indonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20240703161728-106-1117197/

Dewi, E. K. (2025, April 5). 3 Sisi Gelap Susanti dalam Serial Upin Ipin yang Nggak Disadari Penonton. Mojok.Co. https://mojok.co/terminal/3-sisi-gelap-susanti-dalam-serial-upin-ipin/

El Syam, R. S., & Munawaroh, H. (2022). Sukses Di Bawah Telapak Kaki Ibu: Soft Power Pendidikan Islam Pada Spirit Kontestasi Timnas Maroko Di Piala Dunia. Al-Athfal, 3(2), 121–136. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v3i2.536

El Syam, R. S., & Muntaqo, L. (2023). Menang Dalam Kekalahan: Soft Power Timnas Jepang Di Piala Dunia 2022 Bagi Penguatan Pendidikan Islam. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 192–210. https://doi.org/https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/Khatulistiwa/article/view/1101

El Syam, R. S., & Sugiyanto, B. (2023). Optimasi Impian Captain Tsubasa Bagi Persepakbolaan Jepang Spektrum Pendidikan Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(2), 108–118. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i2.1739

Fandom. (2020, April 4). Beli, Pakai, Suka. Upin & Ipin Wiki. https://upinipin.fandom.com/ms/wiki/Beli,_Pakai,_Suka

Fandom. (2021, May 5). Berpuasa Bersama Kawan Baru. Upin & Ipin Wiki. https://upinipin.fandom.com/ms/wiki/Berpuasa_Bersama_Kawan_Baru

Fandom. (2025, April 4). Susanti. Upin & Ipin Wiki. https://upinipin.fandom.com/ms/wiki/Susanti

Ghazali, M. N. B. M., & Ghani, D. A. (2019). The important of great storytelling in Malaysia animation industries. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(11S2), 230–235. https://doi.org/10.35940/ijitee.K1035.09811S219

Harahap, M. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman. Manhaj, 18(1), 2463–2653.

Haris, N. (2019). Malaysian Animated TV Series: Upin & Ipin through Piaget’s Cognitive Development. Journal of E-Learning and Higher Education, 1–9. https://doi.org/10.5171/2019.202997

Hastuti, H. B. P., Riani, R., & Fajrin R, H. (2024). The Islamophobia controversy in Nussa dan Rarra cartoon film: an insight into Indonesian netizens’ tweets. Asian Journal of Communication, 34(3), 333–352. https://doi.org/10.1080/01292986.2024.2314779

Husnul A, A. (2023, January 4). No Title. TribunKaltim.Co. https://kaltim.tribunnews.com/2023/01/04/

Kayai, H. K. (2025, March 18). Episode Ramadan Film Upin dan Ipin Pergoki Cikgu Tak Puasa. RRI.Co.Id. https://www.rri.co.id/serui/hiburan/1398084/

Ko, S. Q., Chua, C. M. S., Koh, S. H., Lim, Y. W., & Shorey, S. (2023). Experiences of Patients and Their Caregivers Admitted to a Hospital-at-Home Program in Singapore: a Descriptive Qualitative Study. Journal of General Internal Medicine, 38(3), 691–698. https://doi.org/10.1007/s11606-022-07765-1

Lailiyah, S., & Syam, R. S. El. (2025). Upin and Ipin’s Film Homely Life Education Al-Qur’an Perspective. Reflection : Islamic Education Journal, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.739

Makwana, M., & Ranveersingh, M. (2024). Animations and the Role of Emotions. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(2). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i02.14606

Merriam-Webster. (2025). Merriam-Webster.com Dictionary. Merriam-Webster. https://www.merriam-webster.com/dictionary/

Minda, Y. (2022, December 17). Siapakah Pemeran Susanti dalam Film Upin Ipin?". Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/yuditea/639d3eef08a8b556e1198ae2/

Nursyafira, V. (2024, October 30). 8 Fakta Susanti di Upin dan Ipin, Pendatang Asal Jakarta! Duniaku. https://duniaku.idntimes.com/film/internasional/

Nursyafira, V. (2025, March 8). Kenapa Upin dan Ipin Grafis Majapahit Lebih Disukai? Ini Alasannya! Duniaku. https://duniaku.idntimes.com/film/internasional/

Nye, J. S. (2019). Soft power and public diplomacy revisited. The Hague Journal of Diplomacy, 14, 1–14. https://doi.org/10.1163/1871191X-14101013

Nye, J. S. (2021). Soft power: the evolution of a concept. Journal of Political Power, 14(1), 196–208. https://doi.org/10.1080/2158379X.2021.1879572

Nye, J. S. (2022). Soft power: the origins and political progress of a concept. Journal of International Communication, 28(1), 1–7. https://doi.org/10.1080/13216597.2021.2019893

RMCAD. (2024, March 21). Animating for Social Change: How Cartoons Can Drive Awareness. Rocky Mountain College of Art + Design. https://www-rmcad-edu.translate.goog/blog/

Robi, R. S. E. S., & Rizqi, S. (2023). Hikmah Pendidikan Islam pada Silsilah Keluarga Upin dan Ipin. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 8(1), 49–66. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/index

Sausan, R. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Upin-Ipin. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2). https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5722

Shihundu, F. (2023). Understanding Turkish Soft Power in Africa: The Deepening of Kenya-Türkiye Relations 2000–2022. International Journal of African Renaissance Studies, 18(1), 118–135. https://doi.org/10.1080/18186874.2022.2128841

Sundaraj, T., & Balaraman, R. A. (2022). Representasi Gender dalam Filem Animasi Malaysia: Kajian ke atas Filem Geng: The Adventure Begins (2009) dan Boboiboy: The Movie (2016). Jurnal Komunikasi Borneo (JKoB), 10, 1–12.

Syam, R. S. El, Imron, A., & Nurngain, A. (2023). Makna Kehidupan dalam Film Kartun Doraemon. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(4), 154–166. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i4.594

Thomas, B. (2023). The Transformative Magic of Education in Walt Disney’s The Sword in the Stone. M/C Journal, 26(5). https://doi.org/10.5204/mcj.2993

Utari, S. M. D., Nur Hidayah, & Pramono. (2023). The Impact of Upin and Ipin Animation on Aggressive Behavior in Children Aged 5–6 Years: A Quantitative Experimental Study. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(1), 37–46. https://doi.org/10.14421/jga.2023.81-04

Wikayanto, A., Ocktaviana, S., & Pradipta, L. (2023). Ketika Animasi Menjadi Soft Diplomacy: Bagaimana Animasi Mengkonstruksikan Nilai-Nilai Pancasila? Jurnal Komunikasi, 17(2), 257–276. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol17.iss2.art8

Yasa, G. P. P. A., Putra, I. N. D., Pujaastawa, I. B. G., & Julianto, I. N. L. (2023). Upin Ipin animation: the media of Malaysia’s identity politics. E-Journal of Cultural Studies, 16(3), 37–47. https://doi.org/10.24843/cs.2023.v16.i03.p04

Yulianti, T. E. (2023, January 27). Lirik Lagu Aiya Susanti yang Viral di TikTok, Ternyata dari Film Tahun 1961. DetikJabar. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6536853/

Zhang, X., Yan, Y., Ye, Z., & Xie, J. (2023). Descriptive analysis of depression among adolescents in Huangshi, China. BMC Psychiatry, 23(1), 176. https://doi.org/10.1186/s12888-023-04682-3

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Munawaroh, H., Suyud El Syam, R. ., Sunarko, A. ., & Sriyanto, A. (2025). SOFT POWER PENDIDIKAN ISLAM PADA KARAKTER SUSANTI DALAM FILM UPIN DAN IPIN : SOFT POWER OF ISLAMIC EDUCATION IN SUSANTI’S CHARACTER IN THE MOVIE UPIN AND IPIN. JOURNAL FASCHO : JURNAL PENELITIAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(7), 51–58. https://doi.org/10.63353/journalfascho.v1i7.391