PEMBERIAN LES MATA PELAJARAN DALAM RANGKA MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK DI DUSUN KOMPLANG

PROVISION OF SUBJECT TUTORING IN ORDER TO OVERCOME LEARNING DIFFICULTIES IN CHILDREN IN KOMPLANG HAMLET

Authors

  • Nurul Hasanah STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO NGAWI
  • Elyaum Farihah STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO NGAWI
  • Indah Musfirotul Fitria STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO NGAWI

Keywords:

Pendidikan, Islam, Al-Qur’an

Abstract

Pemberian bantuan kepada individu dan kelompok oleh seorang atau lebih yang ahli dalam bidangnya dalam menentukan pilihan, melakukan perubahan, dan menyelesaikan masalah belajar yang berkaitan dengan perubahan perilaku sebagai akibat dari pengalaman, latihan, atau rangsangan dikenal dengan kegiatan pendampingan belajar melalui bimbingan belajar. Kesulitan belajar merupakan situasi di mana siswa tidak dapat belajar secara efektif seperti yang seharusnya. Kesulitan belajar yang terjadi pada anak di Dusun Komplang disebabkan oleh beberapa faktor di rendahnya minat dan semangat belajar. Anak-anak lebih memilih untuk bermain gadget atau bermain dengan temannya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak di Dusun Komplang. Les mata pelajaran ini diberikan kepada anak-anak SD kelas 1 – 6. Kegiatan ini dilakukan di posko KKN di Dusun Komplang, Desa Pandean. Metode yang digunakan dalam memecahkan masalah ini yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Hasil dari kegiatan ini anak-anak dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya dan dapat menambah minat belajar serta memberi motivasi akan pentingnya belajar.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Hasanah, N. ., Farihah, E., & Musfirotul Fitria, I. (2023). PEMBERIAN LES MATA PELAJARAN DALAM RANGKA MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK DI DUSUN KOMPLANG: PROVISION OF SUBJECT TUTORING IN ORDER TO OVERCOME LEARNING DIFFICULTIES IN CHILDREN IN KOMPLANG HAMLET. Jurnal Al-Maun : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa, 3(2), 31–37. Retrieved from http://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Al-Maun/article/view/341

Most read articles by the same author(s)