PEMBERIAN LES MATA PELAJARAN DALAM RANGKA MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK DI DUSUN KOMPLANG
PROVISION OF SUBJECT TUTORING IN ORDER TO OVERCOME LEARNING DIFFICULTIES IN CHILDREN IN KOMPLANG HAMLET
Keywords:
Pendidikan, Islam, Al-Qur’anAbstract
Pemberian bantuan kepada individu dan kelompok oleh seorang atau lebih yang ahli dalam bidangnya dalam menentukan pilihan, melakukan perubahan, dan menyelesaikan masalah belajar yang berkaitan dengan perubahan perilaku sebagai akibat dari pengalaman, latihan, atau rangsangan dikenal dengan kegiatan pendampingan belajar melalui bimbingan belajar. Kesulitan belajar merupakan situasi di mana siswa tidak dapat belajar secara efektif seperti yang seharusnya. Kesulitan belajar yang terjadi pada anak di Dusun Komplang disebabkan oleh beberapa faktor di rendahnya minat dan semangat belajar. Anak-anak lebih memilih untuk bermain gadget atau bermain dengan temannya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengatasi kesulitan belajar pada anak di Dusun Komplang. Les mata pelajaran ini diberikan kepada anak-anak SD kelas 1 – 6. Kegiatan ini dilakukan di posko KKN di Dusun Komplang, Desa Pandean. Metode yang digunakan dalam memecahkan masalah ini yaitu observasi partisipatif dan wawancara. Hasil dari kegiatan ini anak-anak dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya dan dapat menambah minat belajar serta memberi motivasi akan pentingnya belajar.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Maun : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.