STRATEGI BAGIAN HUMAS KB BINTANG NGAWI UNTUK MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU PADA TAHUN AJARAN 2023-2024

Authors

  • Yusron Hanafi STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO NGAWI

Keywords:

Manajemen Pemasaran Pendidikan, Penerima Murid, Humas

Abstract

Manajemen pemasaran pendidikan memiliki peranan penting dan strategis bagi kelangsungan sebuah lembaga pendidikan, manajemen harus bertitik-tolak dari kebutuhan dan keinginan konsumen (masyarakat) dengan memperkirakan sekaligus menentukan kebutuhan dan keinginan masyarakat serta penyerahan jasa yang memuaskan secara efektif dan efisien. pada situasi pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola lembaga pendidikan dalam memasarkan lembaganya, karena program kunjungan ke calon wali murid potensial, program yang ditujukan langsung untuk calon siswa yang menjadi sasaran pemasaran dan kegiatan lainnya banyak yang tidak bisa dilakukan. hal tersebut tentu menuntut suatu lembaga pendidikan untuk dapat bersaing dalam proses pemasaran pendidikan. adapun rumusan penelitian ini yaitu bagaimana manajemen pemasaran pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pemasaran pendidikan yang dilakukan kb bintang ngawi dalam peningkatan penerimaan peseta peserta didik pada tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang manajemen pemasaran pendidikan dalam peningkatan penerimaan peserta didik dengan menggunakan teori manajemen pemasaran yang dikemukakan oleh agustina shinta yaitu dalam proses pemasaran pendidikan terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pemasaran. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu kepala madrasah, waka humas, staf tu dan ketua ppdb. sumber data sekunder yaitu berupa data teoritis dan dokumentasi serta data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan dalam peningkatan iii penerimaan peserta didik di kb bintang ngawi dibagi dalam tiga tahapan yaitu: 1) perencanaan pemasaran yaitu penyusunan tim pelaksana pemasaran/perangkat pemasaran terdiri dari perencanaan penentuan tanggal pelaksanaan pemasaran, rencana daerah pemasaran, target yang dituju, strategi dalam memasarkan madrasah, pembentukan tim panitia ppdb, pembuatan surat undangan dan brosur. 2) pelaksanaan pemasaran yaitu melakukan pergerakan kepada para tim panitia pelaksana pemasaran, pelaksanaan pemasaran dimulai dari bulan februari sampai bulan juni, daerah pemasaran dan target pemasaran. pelaksanaan pemasaran dimasa pandemi covid-19 dilakukan dengan dua metode yaitu online dan offline. pelaksanaan pemasaran online dilaksanakan melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram dan youtube, sedangkan offline dilaksanakan melalui penyebaran brosur, famplet dan datang ke sekolah-sekolah dasar dan madrasah. strategi khusus yang dilakukan melalui pendekatan para orang tua dan memanfaatkan para alumni, bagi siswa yang pernah menjuarai lomba mewarnai dibebaskan pembayaran uang gedung. 3) pengawasan pemasaran yaitu dilakukan setiap akhir pelaksanaan kegiatan sebagai bentuk evaluasi. evaluasi dilaksanakan dalam bentuk pertemuan/rapat. upaya sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat dengan menjaga kepercayaan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan seperti kedisiplinan siswa, sarana dan prasarana, prestasi siswa, dan meningkatkan kualitas guru.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Hanafi, Y. (2023). STRATEGI BAGIAN HUMAS KB BINTANG NGAWI UNTUK MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU PADA TAHUN AJARAN 2023-2024. JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 2(1), 54–61. Retrieved from https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/169