MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN SISWA PENDIDIKAN MENENGAH SMA TRENSAINS MUHAMMADIYAH SRAGEN

Authors

  • Kuni Fatonah STIT Muhammadiyah Tempurejo Ngawi
  • Septian Awaludin Akbar STIT Muhammadiyah Tempurejo Ngawi

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Pengembangan Siswa, SMA Trensains Muhammadiyah Sragen

Abstract

Model pengembangan kurikulum melalui beberapa tahap diantaranya, pertama, Tahap penguasaan manajemen pengembangan kurikulum; kedua, tahap pemahaman cara pandang kurikulum; ketiga, tahap yang tidak kalah penting adalah penguasaan kurikulum. Ketiga tahapan tersebut harus dimiliki setiap guru dalam rangka inisiatif mengembangkan kurikulum yang kontekstual dengan kehidupan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. Kurikulum yang diaplikasikan berorientasi pada pengembangan sains yang bersumber pada Al Quran. Kurikulum ini dikembangkan di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen karena pada dasarnya pendidikan menengahnya disini menonjolkan pengembangan ilmu pengetahuan Alam meliputi Kimia,Fisika dan Biologi yang semua itu diaplikasikan berdasarkan Al Quran. Kurikulum pembelajaran di SMA Muhhamdiyah Trensains yang seperti ini maka mampu mengembangkan siswa untuk melakukan beberapa penelitian dan banyak siswa yang mengikuti beberapa kompetisi antar Sekolah Menengah Atas didalam negeri maupun luar negeri. Pengembangan kurikulum yang dikembangkan sangat bermanfaat dalam mengembangkan potensi siswa untuk mengembangkan sains. Siswa menjadi memiliki kreatifitas dan selalu mampu menciptakan ide yang inovatif dalam mengembangkan sains yang ditunjukkan dengan kemampuan siswa mendapat beberapa kejuaraan kompetisi nasional dan internasional. Kurikulum tingkat satuan pendidikan sebagai alternatif kurikulum bererientasi masa depan masih harus dikembangkan oleh pihak sekolah (guru, kepala sekolah, dan komite sekolah) sehingga ilmu pengetahuan yang bersumber pada Alquran lebih berkembang dan bisa diaplikasikan untuk mengembangkan ilmu dimasyarakat maupun secara nasional

References

Arifin, Z. (n.d.). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.

hidayati, syaifuddin, & umi muslimah. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan.

Limbong, M., Firmansyah, F., & Fahmi, F. (2022). Integrasi Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 5(4), 23–44. https://doi.org/10.47006/er.v5i4.12933

Ma’arif, F. (2020). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing, 1–208. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/52-Article Text-129-1-10-20201218.pdf

Muhammad Muttaqin. (2021). Konsep Kurikulum Pendidikan Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88

Syafruddin Nurdin, H. (2016). Kurikulum dan pembelajaran: Vol. volume Nascimbeni, (cetakan ke 2).

Teguh, & yanita nur indahsari. (2022). manajemen kurikulum dan pembelajaran. bumu aksara

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Fatonah, K., & Awaludin Akbar, S. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGEMBANGAN SISWA PENDIDIKAN MENENGAH SMA TRENSAINS MUHAMMADIYAH SRAGEN. JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 2(2), 12–18. Retrieved from https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/180