MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ENGLISH CLUB DI MTs DARUL HIKMAH NGOMPAK NGRAMBE
Keywords:
English Club, Manajemen EkstrakurikulerAbstract
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berlangsung di luar sekolah, baik di dalam maupun di luar sekolah, dengan tujuan untuk lebih memperkaya dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dari segala bidang kehidupan. Dilembaga sekolah biasanya ada banyak hal yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ektrakurikuler. Mulai dari kegiatan olahraga, kesenian, ketrampilan, dan juga kegiatan pengembangan kemampuan Bahasa asing, seperti Kegiatan English Club. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Ngompak Ngrambe pada kegiatan ekstrakurikuler English Club. Tujuan dari penelitian kualitatif ini yaitu untuk mendapatkan makna dibalik data yang tampak setelah penulis melakukan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara interview. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dilapangan dan pemahaman mengenai manajemen ekstrakurikuler non formal pada siswa kelas 7 dan 8 Mts Darul Hikmah Ngompak Ngrambe sudah terlaksana dengan baik. Pada manajemen ekstrakurikuler yang diterapkan di MTs Darul Hikmah Ngompak Ngrambe sangat membantu kegiatan yang bersifat kegiatan non akademik/informal sehingga siswa mampu meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mereka ketika praktek berbicara dengan native speaker. Pada manajemen ekstrakurikuler English Club sudah baik dalam hal pengorganisasian untuk mempermudah tugas masing-masing pihak yang terlibat, seperti kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru pembina
References
http://www.mtsdarulhikmah.sch.id/ diakses pada tanggal 15 november 2023 pada pukul 15.30 WIB
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013
Setyonegoro, Agus. 2013. Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara. Dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa. 3:67-80
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24, Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran.
Gary Flewelling and William Higginson, 2003. Teaching with Rich Learning Tasks. Adelaide: The Australian Association of Mathematics Teacher, Page. 189
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.