PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS DUA MI ISLAMIYAH MUHAMMADIYAH WALIKUKUN
Keywords:
Motivasi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peran motivasi dan implikasinya terhadap hasil pembelajaran peserta didik kelas dua di MI Islamiyah Muhamadiyah Walikukun Ngawi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obeservasi, dokumentasi dan didukung dengan adanya wawancara yang dilakukan terhadap guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa motivasi dan minat belajar yang dimiliki oleh peserta didik berimplikasi terhadap hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Motivasi dan minat belajar memegang peranan penting sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran dapat menjadi lebih berarti dengan dasar motivasi dan minat belajar yang dimiliki oleh peserta didik sehingga berdampak pada hasil pembelajaran itu sendiri
References
Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Vol. 1, Issue 2, pp. 127–137).
Fitriyah, R., Hera, T., & Prasrihamni, M. (2022). Hubungan Minat Baca Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 6(4), 94. https://doi.org/10.24114/js.v6i4.38663
Manese, R., Taroreh, J., & Kandori, I. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. In Literacy Jurnal Pendidikan Ekonomi (Vol. 4, Issue 1). https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima
Nasir, Z. M., & Hamzah, Z. A. Z. (2014). Sikap Dan Motivasi Pelajar Terhadap Pembelajaran Bahasa Melayu. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 134, 408–415. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.263
Rosiana, L. D., & Sumilah. (2017). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3), 176–182. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/15207
Sianipar, H. H., Sihombing, S., Hasibuan, R., & Sijabat, O. P. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122345 Pematang Siantar. Jurnal Diversita, 9(1), 59–67. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i1.8100
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta : Bandung.
Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Utami, E., Fitri, R., Fadilah, M., Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., Negeri Padang Jl Hamka, U., Tawar Barat, A., Barat, S., Kunci, K., Belajar, M., Belajar, M., & Belajar, H. (2022). Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review) SYMBIOTIC: Journal of Biological Education and Science. 2, 65.
Downloads
Published
Versions
- 2023-10-26 (2)
- 2023-10-26 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.