IMPLEMENTASI EVALUASI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI ISLAMIYAH MUHAMMADIYAH WALIKUKUN

Authors

  • Darmanto Darmanto STIT Muhammadiyah Tempurejo Ngawi
  • Aulia Nur Rahmadhani STIT Muhammadiyah Tempurejo Ngawi

Keywords:

Evaluasi, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam di MI Islamiyah Muhammadiyah Walikukun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil pembahasan, evaluasi memiliki kedudukan yang sangat penting untuk mengukur dan menilai, evaluasi memiliki kegunaan untuk mengetahui hasil pembelajaran PAI yang telah dicapai, dan mesti dilakukan secara kontinutas. Evaluasi juga mesti komprehensif, dan dalam evaluasi pembelajaran pendidikan islam, perlu diadakan evaluasi yang komprehensif dan terintegrasi mencakup seluruh aspek yang mesti dievaluasi. Jika evaluasi PAI bisa dilakukan dengan efektif dan efisien, proses dalam membina kepribadian bisa terwujud

References

Agus hendro priyono, d. M. (2018). Pengaruh penerapan metode driil terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal pendidikan islam, 112-119.

Dakhi, a. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal education dan development, 468-470.

Hesti yulianti, c. D. (2018). Penerapan metode giving question and getting answer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal penelitian pendidikan islam, 200-216.

Ika nafisatus zuhroh, m. (2022). Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam (pai) pada anak berkebutuhan khusus. Jurnal pendidikan, sosial, dan agama, 71-84.

Nurliana apriyanti, f. C. (2020). Analisis evaluasi pembelajaran daring berorientasi pada karakter siswa. Jurnal pendidikan dasar.

Nurrita, t. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal ilmu-ilmu al-quran, 171-187.

Siregar, r. L. (2017). Evaluasi hasil belajar pendidikan islam. Jurnal pendidikan islam, 59-75.

Sodikin, s. G. (2021). Analisis swot mutu evaluasi pembelajaran. Jurnal dinamika manajemen pendidikan, 59-69.

Tasya nabillah, a. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Jurnal sesiomedika, 659-663.

Tatang hidayat, a. A. (2019). Konsep dasar evaluasi dan implikasinya dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal pendidikan islam, 159-181

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Darmanto, D., & Nur Rahmadhani, A. (2023). IMPLEMENTASI EVALUASI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI ISLAMIYAH MUHAMMADIYAH WALIKUKUN. JOURNAL J-MPI : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 2(2), 34–39. Retrieved from https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/J-MPI/article/view/183